Leave a comment

RAPAT KONSULTASI NASIONAL DITJEN BINFAR & ALKES 2012

Sebagai bagian dalam sinkronisasi kegiatan dan persamaan persepsi antara Pusat dan Daerah tentang arah program Ditjen Binfar dan Alkes sesuai Renstra Kemenkes tahun 2010-2014 diadakan pertemuan Rapat Konsultasi Nasional (Rakonas). Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk dua kali pertemuan yaitu Rakonas untuk regional 1 dimana melibatkan peserta dari propinsi di wilayah timur Indonesia (Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua , Papua Barat, Bali dan Nusa Tenggara) yang dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 14 Maret 2012 dan Rakonas untuk regional 2 dari propinsi di wilayah barat Indonesia ( Sumatera dan Jawa) dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 22 Maret 2012 bertempat di Bandung, Jawa Barat

Kegiatan Rakonas ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alkes, Ibu Drs. Maura Linda Sitanggang, Ph.D serta jajaran eselon II dan eselon III di lingkungan Ditjen Bina Kefarmasian dan Alkes. Sementara Peserta dari daerah melibatkan 4 orang perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi di seluruh Indonesia yang terdiri dari Seksi Farmasi dan Alkes, Penanggung Jawab Program Gizi dan KIA, Penanggung Jawab Program P2PL dan Penanggung Jawab Instalasi Farmasi Provinsi serta 1 orang perwakilan dari Dinkes Kab/Kota seluruh Indonesia dan pemangku kepentingan terkait bidang Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

Tema yang diangkat dalam Rapat Konsultasi Nasional Ini adalah “ Dengan Komitmen bersama Pusat dan Daerah Menjamin Ketersediaan dan Pemerataan Obat dan Vaksin serta Kemanan Alat Kesehatan dalam Mendukung Universal Coverage”.

RAKON-2.JPGDari pertemuan tersebut dihasilkan rekomendasi dan komitmen serta keterpaduan lintas program dan lintas sector  antara lain : 1). Percepatan pelaksanaan Dana Alokasi Khusus sub bidang Pelayanan Kefarmasian tahun 2012 sesuai petunjuk teknis yang berlaku; 2). Peningkatan koordinasi lintas sektor dan lintas program, khususnya dalam menjamin ketersediaan obat dan vaksin melalui berbagai sumber pembiayaan, baik dari APBN maupun APBD (DAU, DAK) serta sumber anggaran lain yang sah (pinjaman/hibah); 3). Pemanfaatan E-logistic system secara optimal baik di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka menjamin ketersediaan dan pemerataan obat dan vaksin; 4). Dukungan pemangku kepentingan (Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota) untuk meningkatkan penerapan penggunaan obat rasional dan revitalisasi pelayanan farmasi di klinik di rumah sakit, komunitas (puskesmas dan apotek) dalam rangka menyongsong universal coverage; 5). Peningkatan koordinasi dengan program, lintas sektor terkait dalam rangka pengawasan (rumah sakit, Balai POM, dll) terkait penggunaan yang salah dan penyalahgunaan alat kesehatan (rational use of medical devices); 6). Perlunya peningkatan kapasitas industri farmasi dalam pemenuhan ketersediaan obat yang memenuhi persyaratan mutu, aman dan berkhasiat dalam rangka universal coverage serta perlunya kesamaan langkah Pemerintah Pusat dan daerah dalam rangka memberikan iklim yang kondusif bagi industri dan melindungi masyarakat dari sediaan farmasi dan makanan yang tidak memenuhi syarat; 7). Melakukan proses percepatan hibah BMN dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan, (maksimal 31 Desember 2012 sudah terlaksana proses hibah dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah).

Diharapkan dengan adanya rekomendasi dan komitmen tersebut dapat mendukung arah kebijakan dalam RPJMN 2010-2014 serta untuk menjamin terlaksananya berbagai upaya kesehatan prioritas yang mempunyai daya ungkit besar dan bersifat reformatif dan akseleratif khususnya dalam upaya meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan obat di seluruh fasilitas kesehatan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: